10 Instrumen Musik Paling Aneh

Dari piano dan seruling hingga biola dan gitar, kita mengenal berbagai jenis alat musik. Dan seperti hal-hal lainnya, ada beberapa spesimen aneh di antara alat musik juga. Dan ini biasanya dianggap unik karena dengan desain dan suaranya cempreng membuat kita terharu antara lain, dan merupakan hasil inovasi dan kerja keras beberapa jenius. Inilah daftar 10 alat musik yang paling aneh, unik namun aneh di dunia.

1. Pikasso Guitar

Dirancang oleh luthier Linda Manzer, Guitar Pikasso adalah salah satu alat musik yang aneh. Dinamai untuk kemiripannya dengan penampilan karya kubus dari seniman legendaris Pablo Picasso. Instrumen ini sebenarnya adalah gitar harp yang dimodifikasi dengan bodi berbentuk baji, memiliki empat leher, dua lubang suara dan 42 senar. Ini pada awalnya dibuat untuk musisi jazz Pat Metheny yang telah memasukkan suaranya dalam berbagai karyanya.

2. Nyckelharpa

Dianggap sebagai salah satu alat musik tertua yang ada saat ini, Nyckelharpa adalah instrumen tradisional Swedia. Secara harfiah berarti ‘harpa kunci’, diyakini telah ditemukan pada awal abad ke-14. Biasanya alat musik ini terdiri dari 16 senar dan 37 kunci, meski ada berbagai jenis.

3. Glass Armonica

Gagasan jenius multifaset Benjamin Franklin, Glass Armonica juga dikenal sebagai Bowl Organ dan Hydrocrystallophone. Instrumen ini juga terdiri dari beberapa gelas mangkuk dan gelas dengan berbagai ukuran yang tertata pada poros berputar yang akan menghasilkan musik saat disentuh pada pelek dengan jari basah. Versi aslinya ini diperkenalkan pada tahun 1762. Untuk waktu yang singkat, instrumen ini sangat populer di seluruh Eropa. Telah mengalami banyak modifikasi sejak saat itu.

4. Zeusaphone

Juga dikenal sebagai Singing Tesla Coils atau Thoremin, Zeusaphone adalah salah satu instrumen yang paling aneh di luar sana. Dua namanya berasal dari dewa Zeus dan Thor. Ini dibuat dari koil Tesla yang dimodifikasi untuk menghasilkan musik dengan mengendalikan percikannya. Meskipun frekuensi gelombang yang dihasilkan berada di luar batas persepsi manusia, gelombang digital dimodulasi secara digital.

5. Branching Corrugahorn

Alat musik eksperimental ini ditemukan oleh Bart Hopkin. Ini terbuat dari pipa bergelombang fleksibel, yang biasanya ditemukan di rumah sakit atau bengkel. Cabang Corrugahorn ini terdiri dari corong dan beberapa pipa bergelombang dengan panjang yang bervariasi. Sang seniman meniup corong itu sambil menjaga agar tabung tetap tertutup dengan jari. Saat dia mengambil jari, tabung itu akan memancarkan suara.

6. Hydraulophone

Seperti namanya, Hydraulophone pada dasarnya adalah organ yang didukung oleh air atau cairan lainnya. Itu ditemukan dan dinamai oleh Steve Mann. Instrumen memiliki beberapa lubang, dan mekanisme penghasil suara memancarkan musik saat air mengalir melalui satu lubang yang tersumbat. Hal ini sering digunakan sebagai perangkat eksplorasi sensorik untuk orang yang mengalami gangguan visual. Ontario Science Center di Kanada memiliki hidrolofon terbesar di dunia.

7. Singing Ringing Tree

Alat musik lain yang benar-benar aneh, Singing Ringing Tree sebenarnya adalah sebuah patung yang terletak di Pennine Hills, Inggris. Ini dirancang oleh arsitek Mike Tonkin dan Anna Liu dan dipasang pada tahun 2006. Memiliki tinggi 3 meter, patung itu terbuat dari pipa baja galvanis dengan berbagai panjang yang memiliki beberapa lubang. Instrumen ini menghasilkan suara kualitas musikal dengan perjalanan angin melalui lubang.

8. Theremin

Awalnya dikenal sebagai Aetherphone, Theremin adalah alat musik yang unik. Fitur yang paling menakjubkan dari instrumen elektronik adalah bahwa hal itu dimainkan tanpa kontak fisik, dan merupakan yang pertama. Ini dirancang oleh penemu Rusia Leon Theremin pada tahun 1920 dan dinamai menurut namanya. Theremin terdiri dari dua antena logam yang dapat merasakan posisi relatif dari tangan pelaku dan dua osilator yang terhubung dengan mereka. Pelaku menggerakkan tangannya di dalam jangkauan antena. Jarak antara satu tangan dan antena menentukan pitch sementara jarak antara yang sesuai menentukan volume. Ini sebenarnya adalah salah satu alat musik elektronik paling awal.

9. Sharpsichord

Salah satu hal unik tentang Sharpsichord adalah bertenaga surya. Juga dikenal sebagai Barrel Harp, ditemukan oleh pembuat instrumen Henry Dagg. Sharpsichord adalah silinder berlubang yang mengandung 11.520 lubang di mana pin musisi menancapkan pin untuk menciptakan musik. Silinder ini berputar dan pin memicu mekanisme yang mencomot senar yang sesuai. Siapapun bisa membuat musik sendiri dengan alat musik. Namun, hanya bisa dimainkan maksimal 90 detik setelah diprogram ulang.

10. Stalacpipe Organ

Dibuat oleh ilmuwan Pentagon LeIand W. Sprinkle pada tahun 1956, Organ Stalacpipe Agung adalah alat musik terbesar di dunia. Menempati lebih dari tiga hektar Gua Luray di Virginia, organ tersebut menghasilkan nada musik dengan memukul stalaktit dengan ukuran berbeda dengan palu karet menggunakan konsol keyboard. Musik yang diproduksi oleh instrumen bisa didengar dari mana saja di gua-gua tanpa loudspeaker. Kelompok Skandinavia Pepe Deluxe adalah artis pertama yang mencatat komposisi asli instrumen pada tahun 2011.

Gimana guys? Sudah liat kan, kalau ternyata alat musik diatas ini termasuk aneh juga lho. Jadi bagi Anda yang ingin memiliki ini tidak ada salahnya kok. Mudah-mudahan saja dengan adanya pembahasan tentang alat musik ini jadi bermanfaat ya bagi kalian semua.