Deretan Jenis Seni Yang Wajib Dipahami

Hidup tanpa seni mungkin membuat hidup tidak berwarna atau terasa sunyi, tanpa kita sadari kehidupan kita sehari hari selalu di kelilingi dengan seni, kesenian atau seni sendiri merupakan ekspresi dari seseorang yang di hadirkan atau di tuangkan dalam sebuah wadah. Seni sangat luas artiannya dalam ruang lingkup dan bermacam-macam fasetnya. Seperti orang buta yang ingin melihat seekor gajah, sering terjadi perbedaan pandangan tentang seni karena tidak lengkap dan tidak komprehensif.

Orang buta yang meraba belalai, pasti akan menyebut gajah itu panjang. Orang buta yang menyentuh badan besarnya, akan menyebut gajah itu berbadan besar. Begitu pula ketika yang disentuh adalah ekornya, bisa jadi gajah disebut sebagai binatang besar yang berbulu di ujung dan berbadan panjang, memiliki ekor pendek serta tipis. Bagi kita yang dapat melihat wujud gajah tadi jelas sangat aneh. Maka begitu pula untuk menjadi seseorang yang tidak buta seni. Nah seni sendiri dapat kita bedakan menjadi beberapa macam atau jenis, untuk itu di kesempatan kali ini kami akan sedikit mencoba tentang berbagai macam jenis seni, baiklah langsung saja inilahmacam jenis seni yang wajib anda ketahui.

1. Seni Rupa

Seni rupa telah ada sejak dimulai zaman animisme dan dinamisme zaman sekarang. Seni rupa secara performatif mempresentasikan wujud kasat mata yang dipertimbangkan secara sinergis melalui media sebagai dasar perwujudan rupa dan memanfaatkan unsur rupa yang diklasifikasikan atau diekspresikan ke dalam bentuk gambar, lukisan, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya dan multimedia. Seni rupa meliputi kemampuan memahami dan berkarya lukis, kemampuan memahami dan membuat patung, kemampuan memahami dan berkarya grafis, kemampuan memahami dan membuat kerajinan tangan, serta kemampuan memahami dan berkarya atau membuat sarana mulltimedia.

2. Seni Musik

Unsur suara merupakan elemen utama dari seni musik. Unsur lain dapat berbentuk harmoni, melodi dan notasi musik yang merupakan wujud sarana yang diajarkan di sekolah. Media yang digunakan dalam seni musik adalah vokal dan instrumen. Karakter musik instrumen bisa berbentuk alat musik yang berasal dari Barat dan alat musik Nusantara atau tradisional. Jenis alat musik tradisional antara lain adalah seruling, gambang kromong, gamelan, angklung, rebana, kecapi, kolintang dan arumba. Jenis alat musik dari Barat antara adalah piano, gitar, flute, drum, musik elektronik, sintetiserr, seksopon dan terompet.

Seni musik biasanya lebih mempromosikan unsur bunyi sebagai medium dasar musik dan lebih memiliki proporsi pada bunyi secara teratur, bunyi yang memiliki irama dan paduan bunyi yang menjurus pada eksperimental bunyi secara harafiah tanpa ritme atau insturmental, melodi maupun harmoni. Seni musik biasanya banyak berkembang pada komunitas masyarakat yang memiliki aliran seperti: klasik, ekspresionis, eksperimentalis dan fluonsis dengan memahami perkembangan musik melalui bunyi-bunyian yang tidak berirama dan bernada. Seni musik tumbuh kembang dari zaman Renaissance hingga abad milenium. Secara progresif aliran musik yang sedang berkembang pada saat ini adalah musik yang mempunyai tonasi, interval dan harmoni secara varian.

3. Seni Tari

Gerakan tarian dilakukan di tempat tertentu dan waktu untuk keperluan perkumpulan, mengekspresikan perasaan, niat dan pikiran. Suara menjadi musik pengiring tarian untuk mengatur penari dan memperkuat niat yang ingin disampaikan. Gerakan tari berbeda dari gerakan-gerakan yang sehari-hari seperti berjalan atau bersenam. Gerak tari bukanlah gerakan realistis, tetapi gerakan telah diberikan dalam bentuk ekspresif dan estetis. Tarian ini sebenarnya merupakan kombinasi dari beberapa elemen, yaitu wiraga (raga), Wirama (ritme) dan Wirasa (rasa). Elemen ketiga menyatu ke dalam bentuk tarian harmonis. Unsur utama dalam tarian adalah gerakan. Gerak tari selalu melibatkan unsur manusia. Unsur-unsur yang membuat gerakan tari dapat berdiri sendiri atau berkelompok. Dan jenis tarian rakyat diklasifikasikan ke dalam tari, tari klasik dan kreasi tari baru.

4. Seni Teater

Secara etimologis kata “teater” adalah dari bahasa Inggris “theater”, yang berarti “gedung pertunjukkan atau dunia sandiwara”. Kata “teater” berasal dari bahasa Yunani “teatron” berarti “takjub melihat”.Saat ini kata “teater” memiliki dua makna. Pertama, teater yang berarti gedung pertunjukan yaitu tempat menyelenggarakan acara. Kedua, teater itu berarti bentuk tontonan dipentaskan di depan kerumunan. Seni teater bisa ditafsirkan setiap seluruh bangunan, yang menyertakan para pekerja (para pemain dan kru panggung), serta kegiatan (isi pementasan atau acara).

Ada juga pihak yang mendefinisikan seni teater sebagai semua jenis dan bentuk tontonan, baik di panggung atau arena terbuka. Tontonan acara termasuk tiga powers, yaitu: pekerja, masyarakat tempat dan ahli atau penonton dan terdiri dari tiga unsur, yaitu: kebersamaan, waktu dan tempat, jadi peristiwa dirujuk sebagai teater. Seni adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang dapat dirasakan oleh mata dan ditangkap rabaan. Efek ini dibuat dengan pengolahan konsep garis, garis, bentuk, volume, warna, tekstur dan pencahayaan dengan estetika referensi.

5. Kerajinan Tangan

Seni kerajinan tangan ialah suatu hasil daya kreasi manusia yang dinikmat segi visual dan dari makna yang dipunyai nya. Kerajinan tangan memiliki unsur-unsur bordir, renda, seni lipat, seni dekoratif, serta kegiatan seni yang menekankan pada keterampilan tangan. Seni dan pengetahuan yang lain dapat dipahami dan diketahui oleh pembaca dalam usaha pengembangan kepribadian dan keanekaragaman. Dalam suatu bentuk kehidupan akan terasa datar dan gersang apabila tidak memiliki unsur seni. Kesenian dapat menyempitkan aspek budaya dan memperluas cakrawala hidup serta keanekaragaman ilmu pengetahuan seseorang. Secara aktual kesenian yang ada dalam berwujud seni musik, rupa, teater dan tari secara multilingual, multikultural dan multidimensional.

Fungsi Seni

kesenian adalah salah satu unsur budaya manusia. Kita dapat merasakan dalam pengalaman hidup sehari-hari, betapa kita sangat membutuhkan sarana berekspresi dan menikmati keindahan dalam berbagai bentuk.

Berdasarkan fungsinya sebagai pemenuhan kebutuhan, seni dibagi menjadi dua bagian :

1. Fungsi Individual

Manusia terdiri dari unsur fisik dan psikis. Salah satu unsur psikis yaitu emosi. Maka fungsi individual ini dibagi menjadi fungsi pemenuhan kebutuhan seni secara fisik dan psikis/emosional.

  • Fisik. Fungsi ini banyak dipenuhi melalui seni pakai yang berhubungan dengan fisik, seperti busana, perabotan, rumah, dan sebagainya. Contohnyanya : music pengiring senam.
  • Emosional. Dipenuhi melalui seni murni, baik dari segi pembuat/pengubah, maupun konsumen penikmat. Contohnya: lukisan, novel, music, tari, film dan sebagainya.

2. Fungsi Sosial

Fungsi sosial yang artinya bisa dinikmati dan bermanfaat bagi suatu kepentingan orang banyak dalam waktu relative bersamaan. Fungsi sosial ini di kelompokan menjadi beberapa bidang. yaitu :

  • Rekreasi atau hiburan. Seni ini bisa dijadikan sarana melepas sebuah kejenuhan atau mengurangi kesedihan. Hal ini bisa terjadi misalnya pada saat kita menyaksikan music, tarian, film, dan lawak.
  • Komunikasi. Seni bisa digunakan untuk mengkomunikasikan sesuatu, seperti pesan, kritik, kebijakan, gagasan, dan produk kepada orang banyak, contohnya: lagu, balada, poster, drama komedi dan reklame.
  • Pendidikan. Pendidikan juga di memanfaatkan seni sebagai sebuah sarana penunjangan, contohnya: gambar, ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah, documenter, poster ilmiah, dan foto.
  • Religi atau keagamaan, Karya seni bisa dijadikan ciri atau pesan keagamaan, contohnya: kaligrafi, busana muslim, dekorasi rumah ibadah, dan lagu-lagu rohani.
  • Seni mempunyai banyak manfaat bagi manusia, seni bukan hanya indah dipandang, Tetapi juga bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya yaitu seni terapan.

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai jenis seni yang wajib Anda ketahui, sebenarnya masih banyak kesenian yang lainnya, namun jika dijabarkan semua tentunya akan sangat banyak.