Pelajaran Yang Bisa Lo Ambil Dari Lirik Lagu BAD Young Lex Dan Awkarin

Beberapa bulan terakhir ini nama Awkarin emang lagi sering banget jadi perbincangan hangat dimana-mana ya. Emang ya kehidupan Karin ini empuk banget buat jadi bahan gossip. Dimulai dari lagi nongki-nongki di kafe, lagi desek-desekan di kereta, sampe pas lagi kerja aja orang-orang masih pada sempet ngomongin si Karin. Banyak netizen yang mungkin jadi menghujat Karin semenjak video patah hatinya. Enggak hanya itu sih, Karin yang terkesan dengan omongannya yang suka ceplas ceplos, enggak pake disaring, semua dikeluarin enggak pake mikir, bisa-bisa memberikan contoh yang kurang baik pada generasi muda sekarang.

Begitu juga sang rapper, Young Lex yang enggak ada abis-abisnya kena sindiran haters yang menganggap kalo dia itu rapper enggak jelas dan nggak berbakat banget. Karena semakin banyaknya haters yang memberikan banyak hujatan padanya, mereka berdua akhirnya mengeluarkan unek-uneknya ini lewat sebuah lagu. Mereka berkolaborasi dan menciptakan sebuah lagu yang berjudul ‘BAD’. Kalo diperhatikan, lirik lagu BAD ini sepertinya sih mostly diadopsi dari kehidupan nyata mereka berdua.

Baru beberapa hari rilis video klipnya di Youtube, ternyata video ini cukup berhasil menarik para netizen Indonesia untuk melihatnya. Hal ini terbukti dari viewer-nya yang udah mencapai 1.4 juta viewers. Sayangnya banyak netizen yang enggak suka dengan lagu barunya Young Lex dan Karin. Sampai tulisan ini dipublikasikan, jumlah dislikes 67 ribu video klip ini lebih banyak dari jumlah likes (31 ribu).

Mungkin dari kalian ada yang enggak setuju sama pendapat gue ini. Mungkin lo berpendapat kalo musiknya Young Lex itu katro atau suaranya Awkarin enggak jelas. Tapi inilah musik, inilah seni, dimana lo bebas mengutarakan pendapat lo sendiri. Ingat guys, seni itu enggak bisa punya penilaian yang 100% objektif alias netral. Beda dengan ilmu pasti yang 100% benar, musik itu relatif guys! Seni itu subjektif. Semua tentang selera lo sendiri.

Mungkin juga kalian berpendapat kalo apa yang diutarakan Young Lex sama Awkarin di lagu barunya ini enggak sesuai sama sifat dan sikap mereka yang caur. Misalnya aja di bagian lirik yang menurut gue agak ambigu ini:

“Yes memang gue anak nakal

Seringkali ngomong kasar

Tapi masih batas wajar”

Nah, disini gue nggak mau banyak komen guys! Tapi yang jelas, yang perlu Karin dan Young Lex tau adalah batas wajar tiap orang itu berbeda-beda. Mungkin bagi kalangan mereka dan orang-orang yang pergaulannya mirip dengan kedua artis ini, omongan kasar itu masih batas wajar. Namun beda halnya jika dari kalangan orang-orang yang omongan kasarnya hanya sebatas botol alias bodoh dan tolol atau anak-anak pinggiran yang baru kenal gaul di ibukota, mungkin omongan kasar Karin udah dibilang melebihi batas wajar. Benar begitu nggak sihhhh?

Lalu, gimana ya lagu barunya Young Lex dan Awkarin ini dilihat dari sudut pandang seorang musisi?

Selama ini lo mungkin ngeliat lagu barunya mereka berdua dari sudut pandang lo sebagai orang awam atau sebatas penikmat musik. Tapi bagaimana pandangan dari seorang musisi yang udah malang melintang di dunia musik Indonesia? Pastinya beda dong. Makanya, disini gue bakal ngasih tahu gimana pendapat dari seorang Giring Ganesha alias Giring Nidji.

Setelah becakap panjang dengan mz Giring, ternyata giring punya pandangan sendiri terhadap lagu ini. Biar nggak ngebahas yang negatif melulu, vokalis yang sudah malang melintang diindustri tanah air ini punya pelajaran serta hal-hal positif yang bisa lo ambil dari seorang Young Lex dan Awkarin, yang berdasarkan lirik lagu BAD.

Sudah punya penghasilan sejak muda

Disini yang mz Giring tekankan adalah tentang mereka berdua yang telah menjadi pekerja keras sejak usia muda. Mereka berdua udah bisa menghasilkan uang sendiri dengan cara mereka masing-masing, baik Young Lex atau Awkarin mau ngapain aja sepuasnya atau ngelakuin hal-hal yang ngehamburin uang itu terserah dia. Toh yang mereka hambur-hamburin juga adalah uang hasil keringet mereka sendiri. Mz Giring enggak terlalu peduli dengan apa yang mereka lakukan, karena resiko yang nanti datang adalah tanggung jawab mereka sendiri sebagai orang dewasa.

Jangan pernah ngeremehin orang karena lo engak tau masa depan mereka

Disini gue dan mz Giring sependapat, kalo mereka sekarang terkenal pastinya mereka enggak langsung terkenal begitu aja, yang jelas mereka pasti berjuang untuk itu! Semuanya dimulai dari nol, ketika dia diremehkan dan dianggap enggak punya bakat. Sekarang, dia sukses dengan karya-karya barunya yang memperkuat dirinya menjadi lebih eksis di dalam dunia musik dan udah bisa punya usaha clothing sendiri. Nah, jadi buat lo yang masih suka asal ngeremehin orang lain, hati-hati aja soalnya bisa jadi orang yang lo remehin nantinya malah jadi bos lo sendiri.

Kita enggak bisa asal ngejudge orang

Memang sih terkadang kita enggak bisa asal ngejudge orang dari luar, tapi terkadang tampilan luar bisa mencerminkan dalemnya sih. Yah, itu bisa jadi juga benar. Tapi yang mz Giring mau tekankan bahwa tiap orang punya masalah masing-masing dalam hidupnya, jadi sebaiknya sih lo kurang-kurangin nge-judge orang karena belum tentu yang lo bayangin tentang orang itu sama dengan kenyataan yang lagi mereka alamin .

Matre boleh, tapi apa salahnya punya penghasilan sendiri

Nah, kalo yang ini sih gue khususkan untuk para wanita ya. Menurut mz Giring, Matre itu boleh kok, wajar malah. Cuma sih kalo kalian bisa berdiri di kaki sendiri kayaknya itu lebih baik daripada harus terus meminta-minta dari pria. Udah enggak zaman kan, cewek cuma tergantung sama cowok doang? Jadi kalian bisa mandiri dan lebih menghargai kerja keras kalian sendiri. Yah macem Karin ini, masih muda tapi udah bisa mandiri secara finansial dan dapetin penghasilan yang gede banget buat kalangan seumuran dia.

Lebih baik apa adanya daripada munafik

Kelihatan jelas kalo inti dari lagu ‘BAD’ Young Lex dan Awkarin ini adalah tentang kemunafikan. Jadi mereka lebih baik dibenci karena jadi apa adanya, daripada disukai banyak orang tapi penuh kemunafikan. Pasti lo juga pernahkan berpikiran seperti itu, enggak apa-apa deh belum jadi orang baik yang penting enggak munafik dengan berpura-pura baik. Bener enggak guys?

Makanya, daripada capek dan buang-buang waktu buat nyinyir mereka berdua, coba deh berpikir positif, hormatin karya orang lain dan tekankan ke diri lo sendiri, kalo lo bakal jadi orang yang lebih baik dari mereka berdua. Jangan sampai lo nyindir mereka berdua, padahal lo sendiri kelakuannya enggak jauh beda sama mereka, HAHA.