Yuk, Mengenang Lagu Waktu Kita Masih Kecil

Yuk kita mengenang lagu pada waktu kita kecil dulu. Akan ada suatu masa ketika lagu anak-anak  dapat menjadi raja di negerinya sendiri karena lagu anak-anak tidak hanya disukai oleh anak-anak saja namun juga para orang tua juga dapat menyukainya.

Ada banyak lagu anak yang sempat ngetop di Indonesia. Namun hanya beberapa yang bisa membuat heboh, menjadi perbincangan masyarakat, bahkan syair dan nada lagunya masih diingat orang sampai dengan sekarang. Nah lagu anak apa saja yang pernah menghebohkan Indonesia? Kepoin mimin yuk.

1. Si Komo Lewat Jalan Tol – Melisa

Tak banyak lagu anak yang memaparkan tentang realita kehidupan sehari-hari, terutama tentang kemacetan yang terjadi di Jakarta. Lagu Si Komo Lewat Jalan Tol inilah yang pertama. Konon katanya lagu ini berkisah tentang kemacetan yang terjadi karena si Komo lewat. Lagu ini sempat menjadi bahan diskusi orang dewasa pada masa itu, karena banyak yang menilai karakter si Komo dalam lagu ini merupakan personifikasi atau plesetan dari tokoh paling penting di Indonesia saat itu yang jika melintas di Jakarta akan selalu membuat macet.

Anggapan ini kemudian dibantah oleh Kak Seto yaitu tokoh yang menciptakan si Komo. Komo adalah karakter boneka berbentuk Komodo yang awalnya muncul pada serial di sebuah stasiun televisi. Kepopuleran serial ini membuat si Komo tampil sebagai penyanyi. Kini, setelah belasan tahun kemudian, lagu ‘macet lagi macet lagi’ yang dinyanyikan Melisa masih bisa dibilang sangat relevan karena Jakarta masih macet dan akan semakin macet jika ada ‘Si Komo’ dan rombongannya yang lewat, hehehe..

2. Susan Punya Cita-cita – Susan & Ria Enes

Tenyata guys gak cuma boneka komo yang bisa jadi penyanyi. Ada satu boneka lain yang tidak kalah populernya, Hayo siapa yang tahu? yup  Susan. Boneka ini memang super cerewet, centil dan kadang juga suka nakal. Boneka Susan sempat menggemparkan Indonesia ketika dengan ‘lugu’ memaparkan keinginannya untuk menjadi dokter,insinyur dan bahkan presiden.

Album ‘Susan Punya Cita-cita’ telah menjadi album yang terlaris di tahun 1993. Selain album itu, Susan dan Ria Enes juga merilis sejumlah album yang rata-rata laris manis. Susan tadinya adalah karakter imajinatif yang diciptakan Ria ketika menjadi penyiar radio.

Karakter Susan ternyata sangat disukai oleh para pendengar dan setelah itu  Ria selalu mendapat tawaran off air. Ria pun membeli sebuah boneka dan menamakannya Susan dan menjadikannya sebagai ‘partnernya’.

Saat itu, banyak anak-anak yang percaya kalau si Susan benar-benar bisa nyanyi dan bisa bicara, hehehe. Beberapa bulan lalu, Susan dan Ria Enes menjadi bintang tamu sebuah tayangan musik live yang berlangsung di Surabaya.

3. Bolo Bolo -Tina Toon

Nama asli dari penyanyi cilik Tina Toon adalah Agustina Hermanto, Dia telah menghebohkan Indonesia dengan lagu Bolo-bolonya karya Papa T Bob. Lirik lagu yang unik dan tingkah Tina Toon yang menggemaskan membuat lagu ini menjadi laris manis.

Sesudah Bolo-Bolo, Tina Toon juga merilis sejumlah album yang juga laku keras. Sebagai penyanyi cilik Tina Toon bisa dibilang telah berhasil menciptakan sejumlah ciri khas seperti gelengan kepala yang unik dan juga goyang pinggul yang tak kalah dengan Inul. Kini Tina Toon sudah dewasa,cantik dan tentunya jago nyanyi. Belum lama ini Tina Toon menjadi berita karena tampil ‘sensual artistik’ di sebuah majalah pria dewasa. Jika dulu banyak masyarakat yang gemes dan pingin mencubit pipi Tina Toon, kini banyak cowok yang gemes dan pingin… You know lah hehe…

4. Jangan Marah – Trio Kwek-Kwek

Dari sederetan penyanyi solo, Trio Kwek Kweklah yang menggebrak dengan formasi yang tidak baku yaitu tiga orang yang terdiri dari dua perempuan dan satu laki-laki: Dhea, Leony dan Alfandi. Setelah dua abum yang tidak terlalu sukses, Trio Kwek Kwek membuat heboh dengan lagu ‘Jangan Marah’.

Lagu dengan corak rock n roll ini dibawakan dengan riang dan centil khas kanak-kanak. Setelah lagu ‘Jangan Marah’, Trio Kwek Kwek kemudian merilis sejumlah album yang membuat ketiga anak itu menjadi penyanyi cilik terpopuler di masanya.

Setelah bertahun-tahun malang melintang, Trio Kwek Kwek akhirnya dikalahkan oleh sesuatu yang menjadi momok para penyanyi cilik: usia. Kini, personil Trio Kwek Kwek sudah dewasa. Dhea masih nyanyi dan sudah menikah. Leony sempat menjadi bintang sinetron. Sementara Alfandi kelihatannya sudah mundur dari dunia hiburan. Belasan tahun telah berlalu, namun masyarakat Indonesia tak akan melupakan aksi tiga anak yang menyanyikan: “Kutakut mamaku marah, kutakut papaku marah…”

5. Air – Joshua

Lagu Air (yang juga dikenal dengan lagu ‘Obok-obok) merupakan contoh bagaimana lirik lagu yang sederhana bisa menjadi fenomena jika ditunjang oleh nada yang pas dan dibawakan dengan pas. Joshua, yang sebelumnya sudah dikenal sebagai penyanyi dengan lagu ‘Cuit cuit’  telah menjadi superstar gara-gara aksinya mengobok-obok air.

Setelah populer sebagai penyanyi cilik, Joshua kemudian membintangi sinetron serial, main film layar lebar dan laris sebagai bintang iklan. Saat ini, Joshua masih eksis sekalipun tak setenar masa kecilnya. Dia masih nyanyi, sempat menjadi pemeran pendamping film layar lebar, jadi presenter dan bintang iklan, sekalipun kini namanya tak setenar Tukul, yang mendampinginya di lagu ” di obok-obok ikannya pada mabok”.

Yah itu dia guys lagu kita waktu masih anak-anak dulu dan dari daftar diatas manakah yang paling kalian suka sampai sekarang?