Mengenal Lebih Jauh Makna Dan Sejarah Musik Pop

Apa itu musik pop? Definisi musik pop memang sengaja fleksibel karena musik yang diidentifikasikan pop terus berubah. Pada titik tertentu, mungkin paling mudah untuk mengidentifikasi musik pop seperti yang berhasil di tangga musik pop. Selama 50 tahun terakhir, gaya musik paling sukses di tangga lagu pop terus berubah dan berkembang. Namun, ada beberapa pola yang konsisten dalam apa yang diidentifikasi sebagai musik pop.

Pop vs Musik Populer

Sangat menggoda untuk membedakan musik pop dengan musik populer. Kamus New Grove tentang Musik dan Musisi, sumber referensi utama sang ahli musik, mengidentifikasi musik populer sebagai musik sejak industrialisasi di tahun 1800an yang paling sesuai dengan selera dan minat kelas menengah kota. Ini termasuk variasi musik yang sangat beragam dari vaudeville dan pertunjukan minstrel sampai heavy metal.

Musik pop, di sisi lain, terutama mulai digunakan untuk menggambarkan musik yang berkembang dari revolusi rock ‘n roll pada pertengahan tahun 1950an dan terus berlanjut pada jalur yang telah ditentukan hari ini.

Musik Dapat Diakses Kepada Khalayak Rame

Sejak pertengahan tahun 1950-an musik pop biasanya telah diidentifikasi sebagai musik dan gaya musik yang dapat diakses oleh khalayak rame. Ini berarti salinan musik yang terjual paling banyak, menarik penonton konser terbesar dan paling sering diputar di radio.

Setelah “Rock Around the Clock” Bill Haley mencapai # 1 di tangga musik pada tahun 1955, musik yang paling populer menjadi catatan yang dipengaruhi oleh rock ‘n roll, bukan lagu dan standar cahaya yang mendominasi acara undian mingguan Hit Hitade TV Anda. Sejak tahun 1955 musik yang menarik perhatian penonton terluas atau musik pop, didominasi oleh suara yang masih berakar pada elemen dasar rock ‘n roll.

Musik Pop dan Struktur Lagu

Salah satu unsur musik pop yang paling konsisten sejak tahun 1950 adalah lagu pop. Musik pop biasanya tidak ditulis, dilakukan dan direkam sebagai simfoni, suite atau concerto. Bentuk dasar musik pop adalah lagu dan biasanya lagu yang terdiri dari ayat dan paduan suara berulang. Paling sering lagu-lagu itu antara 2 1/2 menit dan 5 1/2 menit panjangnya. Ada beberapa pengecualian. The Beatles ‘”Hey Jude” berumur epik 7 menit.

Namun, dalam banyak kasus, jika lagunya tidak normal, versi yang diedit dilepaskan untuk siaran radio seperti dalam kasus “American Pie” milik Don McLean. Itu diedit dari aslinya 8 1/2 menit panjangnya hanya lebih dari 4 menit untuk siaran radio. Di ujung lain spektrum, di akhir 1950-an dan awal 1960-an beberapa lagu hit berdurasi kurang dari 2 menit.

Musik Pop Merupakan Tempat Peleburan

Seperti bentuk seni lainnya yang bertujuan menarik khalayak ramai (film, televisi, pertunjukan di Broadway), musik pop telah dan terus menjadi peleburan yang meminjam dan mengasimilasi unsur dan gagasan dari beragam gaya musik. Rock, r & b, country, disco, punk dan hip hop adalah genre musik tertentu yang telah mempengaruhi dan dimasukkan ke dalam musik pop dengan berbagai cara selama 5 dekade terakhir. Dalam dekade terakhir, musik Latin dan bentuk internasional lainnya termasuk reggae telah memainkan peran lebih besar dalam musik pop daripada di masa lalu.

Musik Pop Hari Ini

Musik pop hari ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi rekaman. Musik elektronik yang dimainkan dan direkam secara digital menembus sebagian besar musik pop terlaris saat ini. Namun, dalam pergeseran dari arus utama, Adele “Someone Like You” dari 2011 menjadi lagu pertama yang hanya menampilkan piano dan vokal untuk mencapai # 1 di tangga lagu pop AS.

Pada tahun 2014, dengan albumnya 1989, Taylor Swift menjadi pemain musik country terbesar yang pernah bergeser ke rekaman album yang seluruhnya merupakan musik pop. Hip hop terus memainkan peran utama dalam musik pop mainstream dengan Drake muncul sebagai salah satu artis pop top tahun 2016. Meskipun secara historis seniman Amerika dan Inggris mendominasi musik pop, negara-negara lain seperti Kanada, Swedia, Australia dan Selandia Baru adalah menjadi semakin berpengaruh pada scene musik pop internasional.

Pop Murni dan Pop Power

Meski musik pop terus menjadi peleburan gaya, ada genre musik pop yang mengklaim sebagai musik pop dalam bentuknya yang paling murni. Musik ini, biasanya disebut pop murni atau pop power, biasanya terdiri dari lagu-lagu yang relatif singkat (tidak lebih dari 3 1/2 menit) yang dimainkan pada gitar listrik standar, bass dan drum dengan vokal yang memiliki paduan suara yang sangat kuat atau kait.

Di antara pop-pop top atau power pop terbaik di masa lalu adalah Raspberry, Cheap Trick dan grup Memphis Big Star. Knash’s # 1 hit “My Sharona” sering dianggap sebagai hit pop kekuatan terbesar. Dalam beberapa tahun terakhir, kelompok seperti Jimmy Eat World, Fountains of Wayne dan Weezer telah dipandang sebagai penerus pemain musik pop klasik.

Itulah sejarah singkat perkembangan musik pop yang merupakan musik favorit sepanjang masa.